Tujuh mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa menjalankan kegiatan intervensi psikologi nonklinis di PAUD Az-Zikra, Kota Langsa, sebagai bagian dari praktik lapangan yang kreatif dan edukatif, Rabu (16/07/2025) Mereka adalah Azzuriati Azzuhra, Maulida Aulia, Siti Ramadhana, Sri Rahayu, Anggun Nur Sukma, Nur Hafni Zahara, dan Tasya Moulida.
![]() |
Tim Pengabdi Mengabadikan Gambar dengan Peserta Didik PAUD Az-Zikra |
Kegiatan yang dikemas secara menyenangkan ini bertujuan membantu perkembangan kognitif anak usia dini melalui pendekatan psikologi berbasis permainan dan edukasi ringan. Intervensi diawali dengan memperkenalkan lagu edukatif berjudul “6 Langkah Mencuci Tangan” sebagai sarana untuk mengajarkan prosedur mencuci tangan secara sistematis dan menyenangkan. Lagu ini dipilih agar anak-anak dapat dengan mudah memahami langkah-langkah menjaga kebersihan sebagai bagian dari pencegahan penyakit sejak dini. Selanjutnya, mahasiswa mengajak anak-anak bermain “shape game” atau permainan bentuk, yang mengenalkan geometri dasar seperti lingkaran, segitiga, dan persegi. Selain melatih kemampuan visual dan motorik halus, permainan ini juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak-anak.
Sebagai bentuk apresiasi, anak-anak yang berhasil mengumpulkan bentuk yang sama dari awal hingga akhir diberi hadiah berupa pensil, penghapus, dan permen berbentuk bunga lengkap dengan tangkainya. Momen pemberian hadiah ini disambut dengan tawa gembira oleh para siswa.
Salah satu anggota tim, Azzuriati Azzuhra, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pengalaman berharga dalam mengaplikasikan teori psikologi ke dalam praktik nyata. “Pengalaman di lapangan mengajarkan kita betapa pentingnya memahami setiap anak secara individual, sehingga intervensi yang kita berikan dapat efektif dan berdampak positif bagi perkembangannya,” ujarnya.
Dosen pembimbing kegiatan, Yasir, M.Psi., Psikolog. turut memberikan apresiasi atas kerja keras dan kreativitas mahasiswanya. Ia berharap mahasiswa terus mengembangkan kemampuan intervensi di lapangan sebagai bagian dari pembentukan kompetensi psikologis yang aplikatif. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi anak-anak PAUD Az-Zikra, tetapi juga memperkaya pengalaman akademik mahasiswa sebagai calon sarjana psikologi yang siap terjun dan berkontribusi dalam pengembangan masyarakat secara nyata.
0 Komentar